Thursday, July 2, 2015

Mengintip Parenting Style Ala Keluarga Song



Nuna Hyeong annyeonghaseyo~

Menonton Return of Superman bukan hanya disuguhkan tingkah lucu dan menggemaskan dari para balita yang jadi main castnya, tapi juga kita dapat belajar tentang parenting style dari para appa yang “bermain” bersama mereka. Berhubung saya lagi jatuh cinta sama pesona Appa Ilkook dan Daehan Minguk Manse, jadi saya mau ngebahas tentang Song Family ini. Yuk kita intip cara Appa Ilkook dan Eomma Seungyeon mendidik 3 bocil lucu ngegemesin pinter dan juga sopan, Daehan Minguk Manse.

Sopan santun
Kapan pun dan di mana pun setiap kali menonton Song Triplets, mereka selalu diajarkan untuk bersikap sopan, mulai dari bowing (membungkukkan badan), berbicara dengan bahasa yang sopan terhadap yang lebih tua. Bagaimana mengucapkan salam selamat pagi ke kameramen ketika mereka bangun tidur dan belajar bersama mengucapkan salam kalau appa dan eomma pulang ke rumah. Tentunya hal ini dilakukan nggak cuma di depan kamera aja karena buktinya di usia mereka yang baru 3 tahun mereka sudah terbiasa berbicara sopan (ditandai dengan akhiran –yo di belakang kalimat) dan Appa Ilkook sering-nya berbicara menggunakan bahasa sopan atau formal di keseharian mereka. Ketika belajar table manner, Daehan Minguk Manse juga menuruti perkataan appanya untuk tidak makan sebelum yang lebih tua makan. 


Saling menyayangi dan berbagi
Nikmatnya makan es krim setelah disuntik
Entah udah berapa banyak scene(s) so sweet diantara Daehan Minguk Manse dan juga dengan Appa Ilkook yang ngebuat kita para penonton ikut ngerasa bangga dengan mereka. Appa Ilkook dan tentunya Eomma Seungyeon mengajari betul arti pentingnya saling menyayangi dan berbagi antar sesama keluarga. Inget waktu mereka simulasi saling berbagi pake strawberi ? Awalnya mereka memang belum mengerti, tapi Appa Ilkook terus mengulanginya dan akhirnya mereka bisa menerapkannya dengan baik. Hal ini selanjutnya menjadi kebiasaan, kita bisa liat Daehan yang rela membagi buburnya buat Minguk karena buburnya Minguk dihabisin Appa Ilkook (appa lagi khilaf sama dietnya) atau scene dimana mereka bertiga berbagi es krim (I really like the way Manse called “Daehani Hyung”)


Cara mereka saling bermaafan setelah berantem, pasti  mereka disuruh pelukan dan poppo. Terus juga jadi tersentuh pas Daehan berusaha menenangkan Minguk yang abis dimarahin sonsaengnim, cara dia meluk dongsaengnya, waah make us so proud~

Bermain dengan berbagai aktivitas
Appa Ilkook sekalian olahraga

Appa Ilkook termasuk sosok ayah yang kreatif menurut saya, dia mencoba mengenalkan berbagai macam aktivitas positif kepada triplets. Mulai dari mendaki gunung, menari, taekwondo, bersepeda, main ski, ke kebun binatang,bermain lumpur dan segudang aktivitas lainnya. Hal ini selain mengenalkan sesuatu yang baru buat triplets, juga bisa sebagi sarana mengetahui minat dari anak-anaknya. Contohnya, Daehan yang semangat banget kalau diajak “bermain” yang berhubungan dengan alam,naik gunung atau main sama binatang, lain lagi sama Minguk, dia akan senang kalau diajak menari dan menyanyi. Satu lagi yang membuat saya kagum adalah, tidak adanya tv di ruang keluarga Song (oke, apa yang kita lihat baru sebagian kecil dari rumah Song Family), tapi di sini kita bisa belajar, triplets nggak dibiasakan untuk nonton tv. Beda dengan beberapa anak di Indonesia yang keracunan sinetron gara-gara emaknya jadi tukang jaga tv *eh uups (atau ini emang ada yang salah dengan dunia pertelevisian Indonesia. Baiklah dibahas di lain kesempatan, but we must keep save our next generation !)



Mandiri
Sekarang udah ahli pake sumpit
 Siapa yang ikutan laper atau jadi kepengen makan setelah ngeliat Song Triplets makan ? Saya adalah salah satu korbannya. Saya suka nonton mereka menjelang tidur, eeh abis nonton mereka bukannya tidur malah ke dapur*baiklah abaikan ini. Untuk ukuran anak 3 tahun, mereka makan dengan sangat baik, bahkan kalau saya perhatikan, Daehan juga paling bersih kalau makan. Appa Ilkook dan Eomma Seungyeon mengajarkan kemandirian sejak dini, jadi mereka tidak perlu repot-repot nyuapin kalau jam makan tiba, triplets bakalan dateng sendiri ke dapur dan duduk manis di meja masing-masing, bahkan sekarang mereka udah bisa makan bersama di meja makan. Mengajarkan kemandirian dari hal kecil seperti makan membuat mereka tidak akan selalu bergantung kepada orang lain, jadi enak kan kalau misalnya pergi ke restoran anak kenyang, appa eomma tenang dan senang. 


Cara menasehati dan memberi hukuman
Minguk sempet-sempetnya nari dan nyanyi ^^
Inget waktu Daehan dan Minguk dihukum dengan metode thinking chair ? Mereka dihukum gara-gara Daehan ngomongnya teriak-teriak dan Minguk ngebanting mainan. Mereka disuruh diam selama 5 menit dan memikirkan kesalahannya. Hal ini juga terjadi sama Minguk (lagi) dan Manse pas lagi di rumahya twins gara-gara rebutan kartu little mermaid. Atau inget pas Daehan dinasehati gara-gara abis nginjek Minguk dan Manse yang pilih-pilih makanan ? Appa Ilkook langsung mengingatkan mereka saat itu juga ketika membuat kesalahan dan membawa si ‘pelaku’ menjauh dari saudara-saudaranya untuk dinasehati, hal ini bagus banget menurut saya untuk menjaga psikologis anak sehingga dia nggak merasa terhakimi di depan yang lain. Pastinya di akhir Appa Ilkook selalu mengajarkan untuk meminta maaf, berpelukan dan poppo. Appa Ilkook pernah bilang, penerapan disiplin harus dilakukan kapan saja dan di mana saja, tidak peduli sedang ada tamu atau sedang di rumah orang lain ketika mereka berbuat salah harus langsung diingatkan.

Itu beberapa parenting styles dari Song Family yang bisa saya rangkum, kelihatannya sederhana memang, tapi penerapannya tidaklah mudah. Semoga dari apa yang kita tonton bisa diambil pembelajarannya walaupun itu kecil banget. Keep watch Return of Superman and give so much love to Daehan Minguk Manse !!! *peluk cium Daehan Minguk Manse satu-satu :*

 

2 comments:

  1. Didikan ala ill kook memang keren di tambah sikap anak nya yg mandiri dan penurut.....saya kagum sekali.....ingin sekali memiliki anak kayak triplet song serta punya suami kayak song ill gook.....bisa masak dan sayang anak :)

    ReplyDelete
  2. Iya untuk ukuran anak 3 tahun mereka mandiri banget..yuph anak-anak hebat berasal dari bibit yang unggul :)
    Makasih udah mampir :)

    ReplyDelete