Sunday, December 6, 2015

[K-Toon ‘Animation Book’] Simple Thinking about Blood Type



Di Korea Selatan dan Jepang, golongan darah dapat menentukan pekerjaan seseorang bahkan ada perusahaan yang hanya menerima pegawai bergolongan darah tertentu ! Kenapa bisa seperti itu ? Mereka percaya kalau golongan darah dapat menentukan kepribadian seseorang.

Seorang peneliti dari Jepang bernama Toshitaka Nomi pernah membahas hubungan antara golongan darah dengan kepribadian seseorang yang berjudul Touch My Heart atau dalam Bahasa Indonesia diterjemahkan Mengenal Kepribadian Anak Menurut Golongan Darah. Di Korea Selatan, seorang peneliti dari Yonsei University pernah melakukan riset kepribadian berdasarkan golongan darah yang melibatkan mahasiswa lokal dan asing. Berdasarkan riset tersebut kepribadian dan golongan darah memiliki hasil yang mirip dengan kebudayaan populer yang lebih dulu diketahui umum. Sebegitu pentingnya golongan darah bagi masyarakat di Korea Selatan dan Jepang, maka jangan heran kalau artis-artis di sana selalu memncantumkan golongan darahnya dalam profil mereka dan rata-rata yang menjadi leader di sebuah grup adalah orang bergolongan darah A atau O. 

Nah, pas kemarin jalan-jalan ke toko buku nemu buku ini Simple Thinking about Blood Type. Awalnya ragu mau beli atau nggak soalnya udah pernah sih baca beginian yang bertebaran di internet, tapi emang dasar agak susah buat nahan diri kalau ketemu buku, akhirnya beli juga.

Buku  yang diadaptasi dari webtoon karya Park Dong Sun ini terdiri dari 12 chapter, yang setiap chapternya membahas satu hal tertentu dan bagaimana reaksi setiap golongan darah terhadap hal tersebut. Berikut ini ke 12 chapter itu :

  • Aku Jatuh Cinta !
  • Akulah Sang Ahli Menncaci Maki
  • Hari ini Mau Makan Apa ?
  • Workshop kali ini, ke Mana ?
  • Pacarku Ada di Mana, ya ?
  • Keluarlah Kau, Wahai Setan Belanja !
  • Akulah  yang Paling Tahan Saat Kepanasan !
  • Selalu Tepati Janjimu Sampai Ajal Menjemput
  • Terus Saja Lemparkan Tugas Kalian Padaku !
  • Siapa yang Paling Mahir Soal Meeting ?
  • Rumahku, Surgaku
  • Siapa Rajanya Donor Darah ?


Saya nggak tahu latar belakangnya Park Dong Sun ini apa (dan belum nyari tahu) sehingga dia bisa bikin webtoon tentang golongan darah dan kepribadiannya, apakah dia membuat ini berdasarkan hasil penelitian atau hanya pengamatan saja karena menurut saya akan lebih menarik kalau ada data yang disajikan. Seperti misalnya chapter  12 , di sana disajikan persentase jumlah golongan darah penduduk Korea Selatan serta penjelasan yang lebih ilmiah sehingga bisa ditentukan siapa raja donor darah.

Overall, menurut saya buku ini cukup informatif sekaligus lucu karena bentuk penyajiannya yang berupa komik dengan empat karakter utama si golongan darah. Beberapa penggambaran karakter golongan darah tentu saja ada yang sesuai dan nggak, tapi setidaknya ini menambah pengetahuan kita untuk bisa lebih memahami karakter orang lain karena yang menentukan kepribadian seseorang bukan hanya golongan darah, tetapi ada banyak faktor lain yang ikut berpengaruh di dalamnya.
Happy Reading Yeorobun~

Note : mungkin bisa cari webtoonya Park Dong Sun ini, semoga ada EngVer-nya..

 

 

No comments:

Post a Comment